Pelayanan Disdukcapil Dapatkan Penghargaan Dari Kemenpan RB

27 Juni 2022 06:22:00 Admin : Sekretariat Daerah
Editor : Sekretariat Daerah



Pelayanan Disdukcapil Dapatkan Penghargaan Dari Kemenpan RB

RANTAU,  – Bupati Tapin HM Arifin Arpan serahkan plakat penghargaan kepada Kepala Dinas Kependudukan Dan Pancatatan Sipil Rina Indriani dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB).

Prestasi itu menyangkut penyelenggaraan pelayanan publik kategori pelayanan prima tahun 2021. Belum lama tadi.

Kepala Disdukcapil Tapin, Hj Rina Indriani mengatakan bahwa penghargaan ini tak terlepas dari kerja keras dan semangat seluruh pegawai Disdukcapil Tapin, dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) ke masyarakat.

“Karena di masa Pandemi Covid-19 pun kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan adminduk dengan berbagai inovasi pelayanan seperti PELANGI, DOKTER CINTA, dan Mendoan PEDES,” ucapnya.

Tidak hanya itu, dalam meraih penghargaan ini butuh proses yang panjang, apalagi setiap tahunnya pihaknya terus melakukan evaluasi dalam pelayanan yang diberikan.

“Jadi ada 6 aspek yang menjadi fokus dalam evaluasi yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan serta Inovasi,” ucapnya.

Selain itu, berbagai kritik maupun saran dari masyarakat juga menjadi acuan Disdukcapil Tapin dalam melakukan perbaikan pelayanan baik yang kami terima secara langsung, melalui website, media sosial, atau nomor layanan pengaduan yang telah kami sediakan.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat yang kami laksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin berada dalam kategori mutu pelayanan A dengan kinerja unit pelayanan sangat baik,” pungkasnya.

Dengan penghargaan ini, bisa sebagai pendorong dan penyemangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Bumi Ruhuy Rahayu.

“Semoga kami selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat kabupaten Tapin. Kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan adalah hal yang utama. Kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan adminduk secara cepat, mudah, dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis,” jelasnya.

Sementara Bupati Tapin M Arifin Arpan senang Disdukcapil Tapin meraih penghargaan dari Kemenpan RB terkait dengan pelayanan.

“Semoga dengan penghargaan ini, dapat memotivasi dinas lainnya untuk meningkatkan pelayanannya,” harapnya.