Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin membuka secara langsung bimbingan teknis dan pendampingan penerapan Aplikasi Srikandi Versi 3

16 Oktober 2024 07:48:39 Admin : Sekretariat Daerah
Editor : Sekretariat Daerah

Rantau - Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin membuka secara langsung bimbingan teknis dan pendampingan penerapan Aplikasi Srikandi Versi 3 bagi Admin SRIKANDI pada Badan/SKPD/Kecamatan/dan Arsiparis Pengelola Arsip Se-kabupaten Tapin, Aulia Pendopo Galuh Bastari Rantau, 26/08/2024.

Plt Kepala Dinas perpustakaan dan Kearsipan Tapin, Zainal Abidin menyampaikan, aplikasi SRIKANDI merupakan amanah dari Peraturan Presiden tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan SRIKANDI ditetapkan sebagai Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis dan berlaku secara nasional.

"Tujuan dilaksanakannya Bimtek ini, untuk pengenalan aplikasi Srikandi Versi 3 serta dapat meningkatkan kualitas dalam bidang kearsipan secara lancar, akuntabel dan dinamis kepada Admin setiap OPD yang berjumlah 86 orang"jelasnya.

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau SRIKANDI merupakan aplikasi yang diluncurkan Pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Dengan target pengguna yaitu seluruh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Perapan aplikasi SRIKANDI diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memori kolektif bangsa karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah," bebernya.

Dirinya menambahkan, Bimtek ini sangat penting, terutama dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa dan kelurahan. Aplikasi Srikandi merupakan salah satu inovasi teknologi yang dirancang untuk mendukung proses administrasi surat-menyurat, sehingga dapat dilakukan dengan lebih cepat, akurat, dan efisien.

"Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan seluruh proses administrasi di semua OPD dapat berjalan lebih baik, transparan, dan mudah diakses," harapnya.