Tapin - Bupati Tapin HM Arifin Arpan  mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kalimantan Selatan untuk berpartisipasi dalam acara Ruai Rindu Meratus yang digagas oleh para pemuda pada 29-30 Oktober di Bendungan Tapin.

"Kegiatan ini sangat bagus, apa lagi dipusatkan di Bendungan Tapin yang sudah diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo," ujarnya di Kota Rantau, dilaporkan Kamis. 

Konsep acara tersebut, dia dinilai, merupakan sarana yang bagus untuk memperkenalkan potensi wisata alam dan budaya masyarakat Dayak Meratus yang ada di daerahnya.

"Sebagai kepala daerah, saya mengajak semua lapisan masyarakat, semua komponen masyarakat, baik itu dari Kabupaten Tapin maupun Kalimantan Selatan untuk bisa berpartisipasi," ujarnya.

Peringatan Sumpah Pemuda yang dikemas apik oleh pemuda Tapin ini, selaras dengan misi pembuatan bendungan, salah satunya di sektor pariwisata.

Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Selo Bhuwono Kahar mengatakan selain mendukung sektor pertanian, Bendungan Tapin juga memiliki potensi wisata. 

“Nantinya pengembangan kawasan Bendungan Tapin akan difokuskan untuk bisa menjadi kawasan pariwisata atau tempat berkumpul baru bagi masyarakat setempat. Landscape di sekitar bendungan akan ditata dan mungkin bisa ditambahkan taman budaya yang sesuai dengan adat setempat,” ujarnya, melalui keterangan tertulis.
  

Kapten Ruai Rindu Meratus, Hendra Gunawan menjelaskan acara akan datang merupakan acara yang kedua dan dipastikan lebih meriah dibandingkan sebelumnya.

"Iya, ini merupakan acara tahunan milik pemuda Tapin, sempat tertunda karena COVID-19. Kali ini lebih hebat dan lebih seru," ujarnya.

Acara inti, kata dia, yaitu upacara sumpah pemuda. Selebihnya, ada camping ground, tampilan seni budaya, bazar UMKM lokal Tapin, dan turut dihadiri seorang bintang tamu ternama di Indonesia Uyau Moris.

"Acara ini diniatkan untuk menanam rasa satu kesatuan antarpemuda, cinta alam hingga cinta seni budaya lokal. Selain itu juga mendorong ekonomi masyarakat di sektor pariwisata," ujarnya

Saat ini, kata dia, pendaftaran masih di buka, untuk  informasi lebih lanjut bisa kunjungi instagram Ruai Rindu Meratus.