Proses Coklit Dimulai, Sekda Ajak Warga Tapin Siapkan Data Diri

17 Februari 2023 01:37:57 Admin : Sekretariat Daerah
Editor : Sekretariat Daerah



IMG 20230216 WA0039

 

Rantau – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin secara resmi memulai pemutakhiran data pemilih pemilu 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin, H Sufiansyah mendapatkan kesempatan pertama untuk dilakukan Coklit oleh panitia pemutakhiran data (Pantarlih), Kamis sore 16/02.

Sekda Tapin, H Sufiansyah seusai menerima Pantarlih mengimbau masyarakat menerima kedatangan Pantarlih di kediamannya dengan baik. Hal ini dilakukan untuk memutakhirkan data pemilih untuk menghadapi pemilu 2024 nantinya.

“Masyarakat dihimbau agar dapat menerima kedatangan panitia yang datang kerumahnya agar data pemilih dapat di mutakhirkan,” ujarnya.

Hal ini agar masyarakat pada saat pemungutan suara nantinya dapat memberikam hak suaranya dalam pemilu 2024 mendatang.

Sementara itu, Ketua KPU Kab. Tapin Hj Henny Hendriyanti menyampaikan bahwa untuk proses pemutakhiran data sendiri masyarakat harus disiapkan adalah Kartu Keluarga dan KTP Elektronik. Lalu, akan dilakukan coklit, yakni berapa anggota keluarga yang berhak menggunakan hak pilihnya, pada Pemilu 2024 mendatang.

“Masyarakat dapat menunggu dirumah, nanti petugas akan datang kerumah masing – masing untuk melakukan pendataan,” jelasnya.

Henny juga menekankan, jangan takut kepada petugas yang datang. Namun juga harus waspada karena di khawatirkan ada oknum yang memanfaatkan hal tersebut untuk berbuat hal yang tak diinginkan.

“Para Pantarlih menggunakan penanda identitas khusus, yakni seragam berupa rompi, topi, tanda pengenal, dan surat keputusan,” ujarnya.

Untuk memastikan mereka bertugas sesuai tugas pokok dan fungsinya, kami mempertemukan dengan mengaktifkan Global Positioning System (GPS), melalui gawai masing-masing.

Tidak hanya itu para petugas akan menempelkan stiker di rumah warga yang telah selesai didata. Stiker ditempelkan di tempat yang mudah dilihat, seperti pintu rumah.