Bupati Tapin Lantik Sekda Definitif

31 Januari 2023 03:52:35 Admin : Sekretariat Daerah
Editor : Sekretariat Daerah


Bupati Tapin HM Arifin Arpan melantik dan mengambil sumpah jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin dijabat oleh Dr H Sufiansyah MAP. Bupati Tapin Sekda Baru Dapat Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah .(ist)-Bupati Tapin Lantik Sekda Definitif

Rantau,– Bupati Tapin HM Arifin Arpan melantik Dr H Sufiansyah MAP sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin definitif di Gedung Galuh Bastari Kawasan Rantau Baru Jumat (27/1) pagi.

Pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin hanya diisi oleh Pj Sekda dari Pemerintah Provinsi Kalsel selanjutnya Pemerintah Kabupaten Tapin melaksanakan lelang jabatan baru didapatkan seorang dari Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin untuk menduduki jabatan Sekretaris Daerah Definitif.

    Dr H Sufiansyah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Tapin dan terhitung Jumat 27 Januari 2023 resmi menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam amanatnya menyampaikan khusus kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin yang baru dilantik dan diambil sumpah, agar bisa meningkatkan kinerja Pemerintahan di Kab Tapin lebih efesin, lebih cepat, lebih transparan dan lebih akuntabel, tentunya demi mewujudkan core value Aparatur Sipil Negara berakhlak yang siap mewujdukan ASN Kabupaten Tapin berdaya saing, maju dan sejahtera.

 

“Untuk itu, kepada Sekda baru agar dapat mendukung dan menjalankan nilai dasar core value berakhlak dan employer branding ASN bangga melayani bangsa sebagai mana pesan dari KemenPANRB RI, “tegas Bupati.

 

Dikatakan Bupati bahwa Jabatan Sekretaris Daerah mempunyai peran yang sangat penting, karena Sekretaris daerah merupakan motor penggerak organisasi pemerintah daerah yang membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi tugas perangkat daerah, serta membina hubungan kerja dengan dinas lain, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

 

Disamping itu pula tugas Sekda, juga mengelola surat menyurat dilingkungan pemerintah daerah serta yang lebih penting khusus urusan keuangan daerah baik, itu pendapatan daerah dan pengelolaan penganggaran agar dapat dipertangungjawabkan sesuai dengan mekanisme perundang-undangan berlaku.

“Saya yakin dan percaya bahwa Sekda yang baru dilantik ini, mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan pengalaman beliau, kinerja pemerintah Kabupaten Tapin bisa berlangsung lebih baik, lebih efisien, lebih cepat, lebih transparan dan lebih akuntabel, “ujar Bupati tapin.

Pada kesempatan ini saya atas pribadi nama pimpinan mengucapkan selamat dan sukses kepada Dr H Sufiansyah MAP dilantik sebagai Sekretaris daerah Kab Tapin, semoga dapat menjalankan amanah yang dipercayakan ini dengan baik selurus-lurusnya.

Sementara Sekda Tapin baru Dr H Sufiansyah MAP mengatakan, sesuai dengan visi dan misi ketika pansel kemarin, bahwa langkah pertama yang saya lakukan yakni bagaimana penggunaan birokrasi, peningkatan akuntabilitas kinerja aparatur sipil negara, sampai sejauh mana kinerja pemerintahan dan kinerja kinerja daerah pada umumnya.

“Tugas yang saya lakukan pertama yakni sesuai dengan visi dan misi saya yakni meningkatkan akuntabilitas kinerja aparatur sipil negara di Jajaran Lingkungan pemeirntah Kabupaten Tapin, “ jelasnya.

Salah satu caranya yakni mencoba memanggil kepada penjabat terkait, pertama dengan berkaitan SAKIP dan Repormasi Birokrasi, disana dapat diketahui apa saja yang perlu dibenahi dan kekurangan dari apartur kita.
Selanjutnya kedua mencoba menggali potensi daerah dalam hal ini meningkatkan kemandirian fiscal diantaranya mungkin mencoba mencari potensi lain selain yang sudah ada untuk penambahan sumber pendapatan asli daerah.

Selanjutnya apa yang disampaikan pimpinan akan kita lakukan dengan seluruh kemampuan saya dengan penuh tanggung jawab.