Bupati Tapin Sebut Kaum Perempuan Dituntut Mandiri, Kreatif dan Lebih Inovatif

26 Mei 2023 01:29:24 Admin : Sekretariat Daerah
Editor : Sekretariat Daerah



18 mei 2023
Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat memberikan door prize kepada ketua TP. PKK Kabupaten Hj Ratna Elliyani usai fashion show di peringatan Hari Kartini, Selasa (16/5/2023) lalu (foto:ist) 


RANTAU - Pada peringatan Hari Kartini ke - 144 tahun 2023, Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan, M.M., bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tapin tekankan pentingnya dukungan kaum pria, atau suami untuk mendukung perempuan agar dapat lebih produktif, dan bisa mengaktualisasikan setiap potensi positif yang dimiliki kaum hawa tersebut, Selasa (16/5/2023).


Dikatakan Bupati, peringatan Hari Kartini ini adalah momentum mengingatkan kepada kita terutama generasi berikutnya bahwa kaum perempuan itu dituntut untuk bisa lebih mandiri,maju dan berkembang serta mampu berinovasi seiring perubahan zaman yang sangat dinamis.


"Perjuangan kaum perempuan dimasa sekarang ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggali sumber daya ekonomi melalui usaha kuliner, menjadi pengrajin atau berniaga di tempat wisata dan lain - lain," cetusnya.


Disebutkan HM Arifin Arpan, sudah saatnya kaum perempuan di Kabupaten Tapin untuk lebih aktif. Dan ikut berpartisipasi serta punya inisiatif untuk mengambil bagian dari sebuah perubahan zaman guna mengembangkan pembangunan daerah agar lebih maju.


Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Hj Ratna Elliyani menyampaikan, bahwa kaum perempuan yang hidup dimasa sekarang patut berbangga karena ruang untuk mengaktualisasikan setiap potensi yang dimiliki kaum hawa ini kesempatannya terbuka sangat luas.


"Di masa sekarang kaum perempuan itu bisa mengekspos seluruh kemampuan, mengaplikasikan gagasan atau ide dengan cara bisa aktif diorganisasi, ikut berpolitik atau ikut berperan serta dalam setiap hal yang positif," sebutnya.


Untuk itu kata Hj Ratna Elliyani,kaum perempuan terutama kaum milenial harus menyiapkan diri untuk lebih kreatif, inovatif guna mengikuti perkembangan zaman sehingga wanita itu bisa menjadi lebih strong (kuat) dan mandiri.


"Untuk di Kabupaten Tapin sendiri, Alhamdulillah peran serta kaum perempuan makin maju, meningkat dan berkembang setiap tahunnya. Karena diberinya ruang kesempatan untuk bisa mengekspos kreativitas, inovasi serta mengembangkan dirinya masing-masing," sebutnya.


Diketahui, pada peringatan Hari Kartini ke - 144 tahun 2023, Pemkab Tapin dengan Tim Penggerak PKK beserta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama Istri (Ketua TP PKK) Hj Ratna Elliyani tampil menjadi model. Dengan memperagakan busana sasirangan dan diikuti sejumlah pasangan pejabat lainnya, dalam gelaran hiburan fashion show memperingati Hari Kartini.