Terima Gerobak Berkah dari Baznas, Pelaku UMKM di Tapin Merasa Terbantu

17 Januari 2023 02:12:11 Admin : Sekretariat Daerah
Editor : Sekretariat Daerah



i
Penyerahan bantuan modal dan Gerobak Berkah dari Baznas Tapin untuk pelaku UMKM 

RANTAU - Senyum sumringah terlihat di wajah Zubaidah, usai penyerahan Gerobak Berkah di Halaman Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Diungkapkan Zubaidah, selama ini setiap hari ia berjualan es nyiur di kawasan Lapangan Dwi Dharma, Kota Rantau.

Meskipun kondisi gerobak yang ia gunakan sudah lapuk dan dimakan usia, ia tetap semangat menggelar jualannya tanpa harus mengganti dengan yang baru.

Alasannya, uang penghasilan berjualan belum cukup, hingga niat mengganti gerobak harus diurungkan.

"Tapi Alhamdulilah, kali ini menerima bantuan dari Baznas Tapin berupa modal dan gerobak baru, senang tentunya," tutur Zubaidah.

Ungkapan serupa juga diucapkan Aidil, pedagang Pisang Keju di Desa Pandahan, ia turut bersyukur dibantu gerobak baru untuk melancarkan usahanya.

"Kalau bikin ini tentunya perlu modal lagi, paling tidak dua juta lebih, ujar Aidil.

Pedagang pisang keju yang sudah berjualan sekitar 10 tahun ini pun berharap, dengan armada baru bisa lebih mudah berjualan dan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi.

Sementara itu, disampaikan Ketua Baznas Tapin, H Abdul Mutholib, penyerahan Gerobak Berkah ini merupakan program unggulan dadi Baznas Kalsel yang merambah hingga Kabupaten/kota.

"Jadi ada lima gerobak, serta bantuan modal untuk pelaku UMKM yang diserahkan. Masing-masing jika dinominalkan sebesar 6 juta rupiah," terang Abdul Mutholib, Selasa (17/1/2023).

Ia pun menambahkan, lima orang penerima adalah mereka yang terpilih dan memenuhi kriteria, setelah dilakukan survei dari belasan pelaku UMKM.

Terkait penyerahan bantuan di momen ulang tahun Baznas ke-22 yang jatuh pada hari ini, Bupati Tapin HM Arifin Arpan melalui Asisten Administrasi Umum, H Fiqri Irmawan turut mengapresiasi kinerja Baznas Tapin.

"Tentu kita sangat mengapresiasi upaya Baznas Tapin, untuk turut memberikan perhatian pada pelaku UMKM," ungkap Fiqri Irmawan.