Musim Kemarau, Masyarakat Dihimbau Waspada Api

27 Juni 2022 06:08:39 Admin : Sekretariat Daerah
Editor : Sekretariat Daerah



Musim Kemarau, Masyarakat Dihimbau Waspada Api

Rantau,– Jelang musim kemarau, pemerintah Kabupaten Tapin himbau masyarakat agar tetap waspada akan kebakaran hutan dan lahan maupun pemukiman.

Hal ini ditegaskan oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan saat memimpin Apel Siaga Darurat Bencana Kabut Asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tapin tahun 2022, Senin 06/06 Di halaman sekretariat daerah.

Bupati Tapin HM Arifin, dalam amanatnya menyampaikan, apel siaga darurat bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tapin ini hendaknya menjadi sarana untuk membangun pemahaman, kesadaran kepedulian dan tanggung jawab bersama semua pihak dalam menanggulangi terjadinya karhutla.

“Penanggulangan bencana tidak hanya tanggung jawab pemerintah daerah saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama semua pihak dan seluruh komponen masyarakat,“ Ujarnya.

Bupati dua periode ini, Berharap dengan adanya apel siaga ini jika terjadinya bencana maka kualitas dan kuantitas penanganan bencana akan semakin cepat dan semakin baik lagi.

Menurut Bupati, dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan tahun ini, meminta kepada aparatur desa dapat memberdayakan warga dilingkungan desanya masing-masing, untuk menanggulanginya.

Karena warga desa setempat yang lebih tahu dan bisa cepat dalam menangani apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayahnya.
Menurut Bupati alam kita masuk daerah rawa namun produktif bisa ditanami berbagai macam tanaman, tentunya kalau musim kemarau, kebakaran rawan terjadi, untuk menanggulangai tersebut tentunya peran warga desa setempat sebagai ujung tombak dalam penanggulangan awal.

Bupati pun menekankan kepada kepada masyarakat kalau terjadinya kebakaran lahan atau hutan diwilayahmasing-masing, tolong cepat diberi tahu kepada aparat penegak hukum dan apparat desa setempat, untuk segera ditanggulangi secara bersama-sama jangan sampai membesar.