Rantau - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Hasto Wardoyo menyampaikan harapan untuk Kampung Keluarga Berkualitas (KB) "Tirta Pare" Desa Bitahan Baru di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, bisa menjadi juara, pada peringatan ke-30 Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023 di Sumatera Selatan. 

"Tentu,  saya setuju lah kalau ini (Kampung KB Tirta Pare) juara di Kalimantan Selatan. Kita doa kan nanti mudah-mudahan di tingkat nasional menjadi juara juga," ujarnya saat melawat ke Kabupaten Tapin, Selasa. 

Menurut, Hasto, Kampung KB di Tapin ini unik dalam segi sarana, prasarana hingga kebermanfaatannya. 

"Dari hulu sampai hilirnya ada, di situ ada kandang ayamnya, kemudian pertanian sumber pangannya ada, kolam lele ada. Saya kira ini adalah Kampung KB yang komprehensif," ujarnya. 




Kepala perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan, sebelumnya pernah mengatakan Kampung KB ini layak untuk bersaing di tingkat nasional. 

"Kampung KB Desa Bitahan Baru ini maju, di tingkat provinsi (Kalsel) tinggi nilainya," ujarnya. 

Keunggulan Kampung KB ini, kata dia, karena memiliki program yang berkelanjutan dan berdampak langsung kepada masyarakat. 

"Kita nilai, Kampung KB Desa Bitahan Baru siap ikut bersaing mewakili Kalsel ke tingkat nasional pada Harganas 2023 nanti," tutur Ramlan. 

Sebelumnya, Rabu (15/4/2023) lalu, oleh BKKBN Kalsel dilakukan penilaian, dilakukan verifikasi, meliputi sektor ekonomi, pendidikan, gerakan pemuda hingga keterlibatan pihak seperti Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. 

Ramlan mengungkapkan Kampung KB di Tapin ini lebih unggul dibandingkan perwakilan dari tiga kabupaten kota lain di Kalsel untuk maju ke tingkat nasional.