Jamaah Calon Haji Tapin Diminta Saling Menjaga

27 Juni 2022 06:02:21 Admin : Sekretariat Daerah
Editor : Sekretariat Daerah



Jamaah Calon Haji Tapin Diminta Saling Menjaga

Rantau,– Setelah dua tahun ditunda karena pandemi covid-19, Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Tapin akhirnya dapat berangkat ke Tanah Suci Makkah.

Sebanyak 75 Jamaah calon Haji Kabupaten Tapin di lepas secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama Forkopimda Tapin, Selasa 14/06 bertempat di Masjid Agung Humasa.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam arahannya, meminta kepada sesama calon haji Kabupaten Tapin, apalagi di tanah suci Mekkah nantinya bisa saling tolong menolong, karena kebersamaan itu sangat penting.

Pasalnya di tengah puluhan juta umat Islam yang berkumpul, tentu masalah akan ada. Karena itu, diperlukan rasa saling tolong menolong antar calon haji Kabupaten Tapin.

“Sesama jamaah dari Kabupaten Tapin jaga kekompakan selama berada di tanah suci Mekkah,” Pintanya.

Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Tapin

Tidak hanya itu, Bupati juga berpesan selama menjalankan ibadah suci tersebut agar dapat menjaga kesehatan sangat penting, supaya setiap ibadah saat berada di tanah suci Makkah serta proses atau rukun haji yang diikuti berjalan dengan lancar.

“Jaga kesehatan, usahakan selalu bugar selama berada di Mekkah atau Madinah,” harapnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Tapin, Edy Khairani menuturkan bahwa ada 75 calon haji Kabupaten Tapin, terdiri dari 34 orang laki-laki dan 41 perempuan.

“Usia termuda 26 tahun dan usia tertua 63 tahun, sedangkan waktu terlama masa tunggu ada yang menunggu 12 tahun. Jadi calon haji Tapin masuk kloter tiga terdiri dari Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Utara dan Barito Kuala,” pungkasnya.

Ditambahkannya, Untuk kouta jamaah haji untuk Kabupaten Tapin sebanyak 84 orang, namun hingga terakhir masa pelunasan hanya ada 75 orang saja yang berhak berangkat ke Tanah suci Makkah.

“Ada 9 Orang Calon Jamaah Tapin yang tidak berangkat karena beberapa alasan seperti belum melakukan pelunasan dan kesehatan,” Ujarnya.